Adapun langkah-langkah strategi dalam beifoagai situasi pemasaian meliputi hal-hal sebagai berikut :
Permintaan negatif
Untuk mengatasi apa sebenamya faktor penyebab dari permintaan negatif tersebut, apakah karena takut saja, belum terbiasa, belum mengetahui betul manfaamya, dan sebagainya. Tugas marketing ialah harus membalikan permintaan melalui pemasaran konversi, dicari faktor penyebab sebenamya, lalu diperbaiki melalui penerangan, dengan tidak bermaksud melanggar nilai yang berlaku umum, yang menimbulkan ketegangan sosiaL
Tidak ada permintaan
Orang tidak peduli, tidak tertarik, tidak positif dan tidak pula negatif terhadap penjualan, untuk itu perlu diciptakan melalui pemasaran stimulasi.
a. Permintaan laten
Permintaan laten artinva permintaan terpendam, yang belum terpenuhi oleh pasar selama ini, maka produsen harus kreatif memenuhi permintaan laten ini dengan pemasaran develop mental.
b. Permintaan tersendat-sendat ( Faltering demand )
Disini tugas marketing ialah menghidupkan kembali permintaan masyarakat dengan mengkaji ulang sistem pemasarannya melalui pemasaran ulang. Faltering demand merupakan suatu keadaan demand terhadap suatu barang atau jasa yang kurang besar dibandingkan dengan yang seharusnya dan diramalkan bakal merosot terus.
c. Permintaan tidak teratur
Kadang-kadang banyak lain kali sedikit, tugas marketing ialah mensingkronisasikan perrmvtaan dengan pemasaran singkronis. Melalui singkronis pemasaran harus diusahakan program, acara-acara khusus yang menarik pengunjung pada hari-hari sepi, dan juga penurunan tarif, dengan demikian penurunan permintaan secara drastis dapat di hindari.
d. Permintaan penuh
Situasi ini perlu dipertahankan dengan pemasaran bertahan, Permintaan penuh ini berarti tingkat dan waktu terjadinya permintaan sama dengan tingkat dan waktu permintaan yang sesuai dengan harapan, tetap berjaga-jaga jangan lengah sebab akan mancul saingan atau muncul kejenuhan dari konsumen. Pemasaran bertahan menuntut dipertahankannya efisiensi dalam pemasaran, ciptakan selalu taktik yang tepat, dan
No comments:
Post a Comment