10/30/09

ALIRAN TIPOLOGIS

Sutherlands mengemukakan bahwa ada 3 (tiga) golongan yang mempelopori aliran tipologis ialah Lamborasian, Mentol Testers dan Psikiatris.
a) Lomborasian
Lomborasian dikenal dengan bukunya L 'UOMO DELIKUEN. la adalah seorang dokter rumah penjara di Italia dan aliran ini sering disebut Mazhab Italia atau aliran Antropologi. Menurut Lamborasian, manusia ditakdirkan dengan membawa serta bakat -bakat tertentu yaitu :

(1) Penjahat dilahirkan dengan tipe tertentu
(2) Tipe itu dapat dikenal dengan beberapa tanda-tanda seperti tengkorak asimatris, dagu yang memanjang, hidung pesek, janggut jorong, mudah merasa sakit. Tipe kriminal nampak pada seseorang dalam jumlah lebih dari lima tanda tersebut.
(3) Tanda-tanda pisik tidak dengan sendirinya menyebabkan kejahatan tetapi dapat digunakan untuk mengenal pribadi-pribadi yang cenderung untuk melakukan kejahatan dan pribadi tersebut mengalami kemunduran. l5
b) Mental testers
Para mental testers lebih menitik beratkan pada masalah Feeble mindness sebagai unsur yang menentukan watak manusia. Dengan membedakan feeble mindness itu dipandang sebagai usaha yang memudahkan perbedaan antara manusia penjahat dan bukan penjahat.

No comments:

Post a Comment

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...