8/16/09

ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA DI WILAYAH BEKASI

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi sangat berdampak pada perkembangan ekonomi suatu negara. Hal ini disebabkan oleh semakin meningkatnya kebutuhan akan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Dengan kondisi yang demikian, tentu saja sangat menguntungkan bagi dunia bisnis dan kesempatan ini dimanfaatkan oleh para investor atau pengusaha untuk berlomba-lomba membuka usaha bisnis dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini diantisipasi dengan cara mendirikan perasahaan baru atau menghasilkan produk-produk baru dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan produk yang dihasilkan sebelumnya. Tujuan utama dari perusahaan itu adalah untuk memperoleh keuntungan. Namu untuk mencapai keuntungan tersebut, tidaklah mudah bagi perusahaan, karena perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lain yang mengambil segmentasi pasar yang sama, sehingga perusahaan yang mempunyai daya saing yang kuat akan mampu bertahan dan menguasai pasar.

Untuk menghasilkan produk - produk baru yang berkualitas, penemuan-penemuan baru dan kemajuan teknologi sangatlah penting dan besar peranannya. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam menciptakan produk barang yang mempunyai karakteristik tersendiri ( berbeda ) dengan perusahaan lain dengan kualitas yang baik.

Untuk itu tentu saja produk yang dihasilkan ini haruslah sesuai dengan selera konsumen, agar konsumen mau mengonsumsi / memakainya.

Dalam kondisi persaingan pasar yang cenderung bersifat "buyer market" seperti saat ini, dimana supply ( penawaran ) barang lebih besar daripada demand ( permintaan ), dengan kata lain konsumen akan lebih bebas memilih dan menentukan pemenuhan kebutuhan dalam pembelian barang; Peranan manajemen perusahaan atau Marketers dalam hal ini sangatlah penting dan diperlukan, yaitu bagaimana marketers ini mampu membujuk konsumen agar dapat menggunakan atau membelanjakan uangnya untuk membeli atau mengonsumsi produk yang ditawarkan.

Dalam proses produksi dan pemasaran, hal yang paling utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah bagaimana perusahaan dapat memahami kebutuhan dan keinginan, serta selera masyarakat ( konsumen ), sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima oleh masyarakat tersebut.
Banyak perusahaan gagal dalam usahanya, karena perusahaan tersebut hanya memproduksi. tanpa memperhatikan apakah produk yang dihasilkan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Dengan kata lain produk yang dihasilkan oleh perusahaan tidak sesuai dengan selera konsumen, dan pasti konsumen tidak akan membelinya.

Produsen Honda sebagai perusahaan otomotif yang selalu melakukan penelitian terus-menerus berhubungan dengan kebutuhan dan selera masyarakat pengguna sepeda motor. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk memberikan suatu perbedaan dengan kompetitor dengan maksud berupaya memenuhi kepuasan konsumen. Cara yang dilakukan adalah dengan memproduksi produk-produk baru baik inovasi dari produk-produk sebelumnya, maupun produk dengan teknologi yang beda dari produk sebelumnya. Produk baru ini tentu tidak langsung dapat menarik konsumen untuk membeli, namun untuk dapat menarik perhatian konsumen maka perusahaan hanis dapat menanamkan image yang baik di dalam ingatan / memori konsumen.

Untuk menanamkan "brand image " yang baik kepada konsumen, maka cara yang paling tepat adalah dengan cara mengembangkan bauran pemasaran ( marketing mix ). Marketing mix ini merupakan atribut pemasaran yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Dengan bertitik tolak dari permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk menguraikan dan membahas lebih lanjut dengan menuangkan dalam bentuk skripsi ini yang berjudul "ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA DI WILAYAH BEKASI"

1.2. Identifikasi Masalah

Oleh karena keterbatasan kemampuan penulis; baik waktu, tenaga, maupun biaya; maka dalam penelitian tentang analisis pengaruh marketing mix terhadap sikap konsumen dalam keputusan pembelian motor honda. penuh's mengidentifikasikan beberapa masalah yang ada antara lain sebagai berikut:

1. Apakah ada pengaruh produk terhadap sikap konsumen dalam keputusan membeli motor Honda?.

2. Apakah ada pengaruh promosi terhadap sikap konsumen dalam keputusan membeli motor Honda?.

3. Apakah ada pengaruh distribusi terhadap sikap konsumen dalam keputusan membeli motor Honda?.

4. Apakah ada pengaruh harga terhadap sikap konsumen dalam keputusan membeli motor Honda?.

1.3. Perumusan Masalah

Tugas utama dari suatu perusahaan adalah mampu memasarkan dan menjual produk yang diproduksi kepada masyarakat konsumen, jika tidak seperti itu maka penjualan akan mengalami penurunan atau perusahaan mengalami kebangkrutan. Dalam memasarkan dan menjual produk tersebut, perusahaan harus mampu menerapkan dan mengontrol variabel-variabel pemasaran agar konsumen tertarik membeli dan mengonsumsi produk yang ditawarkan. Dari uraian diatas jelaslah secara garis besar permasalahan yang akan dirumuskan lebih lanjut yaitu tentang

"Apakan terctapat pengaruh MarKeting tmx teraaoap peniaku iconsumen menentukan Keputusan beii motor rionda

1.4. Tujuan Fenelitian

Penelitian yang dilakukan oieh penuiis, mempunyai tiijuan sebagai berikut : i Mengetahui seberapakah pengaruh Marketing mix terhadap sikap konsumen dalam pembeiian motor Honda.

1.5. Manfaat Penelitian

a) Manfaat dan kegunaan utama dari penelitian yang tersaji dalam bentuk skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu persyaratan akhir dalam menempuh geiar sajana dan sekaiigus sebagai wadah bagi penuiis untuk meningkaikaii kemampuan daiam mengadakan anaiisis perbandingan meiaiui studi kasus antara berbagai teori yang teiah dipeiajari dari semester awai hingga semester akhir dengan kenyataan didaiam praktek, sehingga akan jelas diketahui sejauh mana pengaruh teori yang ada sebelumnya dalatu menunjang praktek dalam dunia kerja.

b) Disamping itu, penuhs juga ingin memberi suatu masukan bagi manajeiiien perusahaan motor Honda, sehingga apa yang penuiis anaiisis dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang lebih baik permasalahan tersebut dimasa yang akan datang.

ranaiiuan lapangan \ rieta Kesearcn )

ivietuue mi uiiaKUKan secara iangsung oien penulis dengan tujuan untuk memperoleh daia dari langan pertama, seiain itu juga uniuk memperoieh kepasnan tentang kebenaran data yang diperoleh secara tidak iangsung, hal mi sangat penting untuk digunakan sebagai bahan anaiisis. Metode im diiaksanakan dengan mengadakan pengamatan iangsung pada perusahaan ( Dealer ) motor Honda, daiam hai ini iangkah - iangkah yang diambii adaiah sebagai berikut:

a. Observasi ( Observation )

Yang dimaksud dengan obser\-asi daiam pengertian ini adaiah mengamati faktor-faktor penunjang terhadap permasaiahan yang akan dianalisa.
b. Kuesioner ( Questionaire )

Langkah iiu diiaksanakan dengan membuat suatu daftar pertanyaan tentang motor Honda yang dapat diisi oieh pihak konsumen peianggan motor Honda, yang merupakan data penting / utama. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebagian besar dituhskan dengan jenis pertanyaan menunit skala Likert. c. Interview (Wawancara )

Metode ini dilakukan dengan mengadakan wawancara secara Iangsung antara penulis sebagai peneliti dengan pimpinan dan staff perusahaan maupun responden dengan menggunakan teknik




No comments:

Post a Comment

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...