I Gusti Agung Ketut Sri Ardhani, dan Gede Bayu Rahanatha
Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar
ABSTRAK
Perkembangan dunia pendidikan yang begitu kompetitif, menuntut perguruan tinggi
mampu menyelenggarakan pendidikan secara profesional sehingga sesuai dengan kebutuhan
pasar kerja begitu juga Program Diploma III FE Unud. Data menunjukkan dari tahun 2000 s/d
2007 jumlah mahasiswa yang diterima cendrung berfluktuasi, hal ini disebabkan meningkatnya
persaingan dari lembaga pendidikan non gelar yang banyak terdapat di Kota Denpasar.
Disamping itu ada beberapa keluhan dari para mahasiswa tentang dosen mengajar, ruangan
yang kurang nyaman, serta nilai UTS dan UAS yang terlambat diumumkan. Oleh sebab itu
dilakukan penelitian yang berjudul “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Belajar
Mengajar di Program Diploma III FE UNUD”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam proses
belajar mengajar di Program Diploma III FE Unud. Disamping itu untuk mengetahui variabel-
variabel mana yang memberikan kepuasan kepada mahasiswa serta implikasi strategis hasil
penelitian guna peningkatan kepuasan mahasiswa di masa datang.
Pada penelitian ini diambil responden sebanyak 250 orang mahasiswa Diploma III FE
Unud berdasarkan metode stratified random sampling yang terdistribusi secara proporsional di
ke empat jurusan yaitu Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Perpajakan serta pemasaran.
Sedangkan penentuan respondennya menggunakan undian (random). Adapun teknik analisis
yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah teknik Analisis kepentingan-kinerja
(Importance-Performance Analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa Program Diploma
III FE Unud secara keseluruhan termasuk klasifikasi cukup puas. Hal ini tercermin dari hasil
analisis kesesuaian antara kinerja dengan tingkat kepentingan mahasiswa yang memberikan
hasil sebesar 83,32%. Dari 25 variabel yang dianalisis maka ada 8 (delapan) variabel yang
belum memberikan kepuasan dan 14 (empat belas) variabel yang sudah menunjukkan kepuasan.
Implikasi strategis hasil penelitian guna meningkatkan kepuasan mahasiswa adalah dengan
memberikan prioritas kepada variabel-variabel yang menurut mahasiswa memiliki tingkat
kepentingan tinggi seperti kemampuan dosen dalam memberikan perkuliahan, kerapihan dan
kenyamanan fasilitas perkuliahan, kesigapan karyawan dalam melayani keluhan mahasiswa,
memberikan jaminan nilai tepat waktu, penjadualan ujian her yang tepat waktu dan lebih
mengontrol masa studi mahasiswa.
Kata kunci: proses belajar mengajar, kepuasan mahasiswa
No comments:
Post a Comment