Beberapa karakteristik komunikasi Massa :
Komunikasi Massa Bersifat Umum : Pesan Komunikasi yang disampaikan melalui media massa adalah terbuka bagi semua orang . Benda-benda yang tercetak , film , radio , dan televisi apabila digunakan untuk keperluan pribadi dalam lingkupan organisasi yang tertutup , tidak dapat dikatakan komunikasi Massa.
Komunikasi bersifat heterogen : Perpaduan antara jumlah komunikan komunikasi massa yang besar dengan keterbukaan dalam memperoleh pesan-pesan komunikasi , erat sekali hubungannya dengan sifat heterogin komunikan.Komunikan komunikasi massa adalah sejumlah orang yang disatukan oleh suatu minat yang sama yang mempunyai bentuk tingkah laku yang sama dan terbuka bagi pengaktifan terhadap tujuan yang sama.
Menimbulkan keserempakan : Yang dimaksud keserempakan adalah keserempakan kontak dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator , dan penduduk tersebut satu sama lainnya terpisah .
Hubungan komunikator-komunikan bersifat Non-Pribadi : Dalam komunikasi Massa ,hubungan antara komunikator dengan komunikan bersifat non-pribadi , karena komunikan yang anonim dicapai oleh orang-orang yang dikenal hanya dalam peranannya yang bersifat umum sebagai komunikator .
Model Komunikasi Massa :
Model Jarum hipodermik :
Secara harfiah “hipodermik” berarti “di bawah kulit.” Dalam hubungannya dengan komunikasi massa , istilah “model jarum suntik “ mengandung anggapan dasar , bahwa media-media menimbulkan efek yang kuat, terarah , segera , dan langsung terhadap massa komunikan.Efek yang segera dan langsung tersebut adalah sejalan dengan pengertian “perangsang-tanggapan”
Model Komunikasi dua tahap (two step flow) :
Konsep komunikasi dua tahap ini berasal dari Lazarsfeld , berelson , dan geudet (1948) yang berdasarkan penelitiannya menyatakan , bahwa ide-ide seringkali datang dari radio dan surat kabar yang ditangkap oleh pemimpin-pemimpin opini yang mengoperkan informasi , sedang tahap kedua adalah dari pemimpin opini kepada pengikut-pengikutnya,yang juga mencakup penyebaran pengaruh.
Model komunikasi satu tahap :
Menyatakan bahwa , saluran media massa berkomunikasi langsung dengan massa komunikan tanpa berlalunya suatu pesan melalui pemimpin opini ;tetapi pesan tersebut tidak mencapai semua komunikan dan tidak menimbulkan efek yang sama pada masing-masing komunikan
Model Komunikasi banyak tahap (multi-step flow model ) :
Model ini menggabungkan semua model yang telah dibicarakan terdahulu . Model banyak-tahap ini didasarkan kepada fungsi penyebaran yang berurutan yang terjadi pada kebanyakan situasi komunikasi.
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2166850-karakteristik-dan-model-komunikasi-massa/#ixzz1OwEYP6AZ
No comments:
Post a Comment