Komunikasi yang terjadi dalam suatu organisasi tentu mempunyai fungsi.
Menurut Haryani fungsi komunikasi dalam organisasi adalah:1
a. Informatif
Dalam kegiatannya, baik karyawan maupun manajer membutuhkan banyak sekali informasi agar dapat menyelesaikan tugas-tugas secara efisien. Pada prinsipnya mereka membutuhkan informasi mengenai: pertama, hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaannya itu sendiri, seperti: tujuan yang harus dicapai, prosedur atau aturan-aturan yang berlaku. Kedua, keberhasilan yang dicapai perusahaan, misalnya dalam hal: laba dan standar kerja. Terakhir, mengenai sosioemotional perusahaan secara keseluruahan.
b. Regulatori
Komunikasi juga berfungsi sebagai pengendali dan pengatur perusahaan. Komunikasi yang berfungsi sebagai pengendali ini
berupa perintah dan laporan.
c. Persuasif
Fungsi persuasif pada umumnya tercermin dalam interaksi antar karyawan, dimana seseorang berupaya agar orang yang diajak komunikasi menerima ide, jalan pikiran, dan penugasan darinya.
d. Integratif
Komunikasi dalam organisasi juga berfungsi sebagai integrative. Yakni membuat organisasi beropersi secara utuh dan terpadu. Termasuk di sini adalah koordinasi dan penjadwalan aktivitas, penetapan saluran informasi dan otoritas serta untuk menarik dan melatih karyawan
No comments:
Post a Comment