4/14/11

Peranan Publik Relation di Masa Yang Akan Datang

PR atau Public Relations atau (lagi) dalam bahasa Indonesianya adalah Humas.
Profesi yang satu ini sedang booming di Indonesia sejalan dengan semakin diminatinya jurusan atau fakultas Ilmu Komunikasi. Sayangnya hal ini tidak disertai dengan pemahaman yang baik tentang apa itu PR, fungsi, peran, job desc, dan kualifikasi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang praktisi PR.
PR atau Public Relations atau (lagi) dalam bahasa Indonesianya adalah Humas.
Profesi yang satu ini sedang booming di Indonesia sejalan dengan semakin diminatinya jurusan atau fakultas Ilmu Komunikasi. Sayangnya hal ini tidak disertai dengan pemahaman yang baik tentang apa itu PR, fungsi, peran, job desc, dan kualifikasi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang praktisi PR.Ilmu Komunikasi atau PR masih sangat jarang. Padahal peluang karir bidang PR untuk di Indonesia,baru menapakkan beberapa langkah. Di Indonesia ini sering dijadikan departemen tambahan atau sampingan. PR hanya mengikuti perkembangan!!!

Banyak sekali organisasi/perusahaan yang belum memandang pentingnya profesi di organisasi/perusahaan mereka. Padahal sebenarnya posisi PR itu tidak ada itu, tidak bermasalah, yang penting adalah bagaimana bagian-bagian dalam fungsi PR itu ada dalam organisasi/perusahaannya.

Memang memiliki PR tidak akan menjadi jaminan bahwa eksistensi perusahaan/organisasi tersebut akan 1000% membaik di mata stakeholdernya, namun minimal bidang-bidang kerja PR tersebut dilaksanakan dalam manajemen organisasi/perusahaan tersebut. Nah kalau pihak profesional sudah siap, maka calon-calon SDM baru dunia komunikasi bisa memberikan kontribusi mereka dengan maksimal.

PR bicara tentang image/citra, dan bicara tentang image tentu akan bicara tentang stakeholdernya. Gimana mau dapat citra seperti yang dikehendaki oleh perusahaan/organisasi, kalau tidak melakukan strategi dan kampanye PR yang seharusnya dilakukan.

Harapannya dunia PR di Indonesia sekarang dan yang akan datang, berkembangnya menuju kearah yang lebih baik, benar, mampu menjanjikan SDM yang berkualitas terhadap perusahaan/organisasi yang mempunyai badan PR tersebut maupun PR itu sendiri, banyak SDM yang berkualitas namun tidak dapat memberikan tenaga mereka di tempat yang tepat. Dan sebaiknya konsep tentang PR itu benar-benar dimengerti di Indonesia.

Analisa PR Di Masa Yang Akan Datang

Menyambut AFTA 2010 Perdagangan bebas Asia, Indonesia didalamnya pasti memerlukan peranan PR baik Negara tuan ruamah Indonesia maupun Negara Investor seperti China dimana sebagai ajang Deplomasi Politik perdagangan. Vendor-vendor yang datang ke Indonesia dalam berdagang perlu juga mendirikan Perusahaan cabangnya di Indonesia dalam mempermudah sistem perdagannya yang mana peranan PR sangat dibutuhkan demi kelancaran kerjasama Perekonomian Dunia (Global)!! Disini PR akan terangkat secara tersendirinya tak hanya sebagai Ujung Tombak melainkan Pemersatu.

No comments:

Post a Comment

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...