4/14/11

ANALISA HUBUNGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI KEPEGAWAIAN PADA PERUSAHAAN PT. JAS (JASA ANGKASA SEMESTA)

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan memiliki harapan untuk mencapai suatu tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini ditentukan oleh bagaimana perusahaan menjalankan unsur manajemen yang ada seperti manusia, material, mesin dan uang. Diantara unsur tersebut, faktor manusia memiliki peran yang sangat penting, sehingga sedemikian pentingnya faktor manusia maka keberhasilan organisasi sebagian besar tergantung pada manusia. Keberhasilan maupun kegagalan dari suatu perusahaan tidak dinilai dari keuntungan yang diperolehnya saja tetapi juga sangat tergantung kepada sumber daya yang dimilikinya. Dalam menunjang jalannya perusahaan, setiap perusahaan selalu berusaha untuk mencapai efisiensi penggunaan sumber daya manusia. Sumber daya yang terampil dan bertanggung jawab akan meningkatkan pula produktivitas perusahaan secara keseluruhan.


Pada hakikatnya mencapai keberhasilan dalam pencapaian tujuan bukan terletak pada faktor manusia saja, namun juga hubungan timbal balik dan kerja sama yang baik antar pihak-pihak yang terkait. Untuk menunjang hal tersebut diperlukan komunikasi antar individu maupun kelompok yang bekerja dalam suatu perusahaan. Komunikasi adalah salah satu sarana individu untuk berhubungan dengan individu lainnya.
Tanpa adanya komunikasi yang baik maka semaju apapun bidang teknologi tidak akan ada artinya, dengan komunikasi yang berjalan dengan baik maka akan turut mendukung perkembangan teknologi yang ada. Oleh karena itu komunikasi yang baik dari para karyawan ataupun anggota dari suatu perusahaan senantiasa harus ditingkatkan guna mencapai kemajuan perusahaan secara efektif dan efisien. Memacu perusahaan dalam upaya meningkatkan produktivitas tidaklah mudah, untuk itu melalui komunikasi perusahaan dapat memberikan pengarahan dan memotivasi karyawannya agar semangat kerja mereka meningkat dan mendorong meningkatnya prestasi kerja. Dengan adanya komunikasi yang efektif, pimpinan perusahaan dapat mengetahui apa kebutuhan karyawannya dan berusaha untuk memenuhi. Pimpinan juga dapat menyampaikan pada karyawan apa saja yang semestinya dilakukan untuk pencapaian tujuan perusahaan. Begitu juga sebaliknya karyawan dapat memahami dan menjalankan perintah yang diberikan pimpinan. Dengan demikian akan tercipta suatu hubungan timbal balik dan kerjasama yang menyatu dan harmonis.
Dalam pelaksanaan komunikasi tidak lepas dari hambatan-hambatan. Faktor inilah yang menjadi penyebab terjadinya kesalahpahaman. Baik terjadi gangguan pada saluran komunikasi atau pada obyeknya maupun pada pelaku komunikasi itu sendiri.
Hal-hal tersebut diataslah yang mendorong penulis untuk membahas masalah komunikasi ini pada PT. JAS (JASA ANGKASA SEMESTA) sebagai topik skripsi. Perusahaan ini bergerak pada bidang jasa ground handling, dimana memiliki beberapa divisi dengan tugas yang berbeda satu sama lainnya namun saling melengkapi dan mendukung dalam kebutuhannya.
Dalam suatu kelompok kerja dengan tugas berbeda pasti memiliki berbagai macam masalah pribadi yang berbeda-beda pula, dari keadaan tersebut sering terjadi perbedaan persepsi yang kadang-kadang menyebabkan pesan yang disampaikan tidak sama dengan pesan yang diterima. Untuk mencapai suatu produktivitas kerja yang meningkat maka perusahaan perlu untuk berusaha meningkatkan kualitas kerja karyawannya, salah satunya dengan meningkatkan kualitas komunikasi dalam perusahaan itu sendiri.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk memilih judul “ANALISA HUBUNGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI KEPEGAWAIAN PADA PERUSAHAAN PT. JAS (JASA ANGKASA SEMESTA) BANDARA SOEKARNO HATTA”.

No comments:

Post a Comment

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...