12/21/09

Unsur-unsur Komunikasi

A. Sumber : dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri.sumber dapat berupa orang, lembaga, buku dan dokumen.
B. Komunikator : dalam komunikasi, setiap orang atau kelompok dapat menyampaikan pesan-pesan komunikasi itu sebagai suatu proses dimana komunikator dapat menjadi komunikan dan sebaliknya komunikan dapat menjadi komunikator.
C. Pesan : keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan.
- Penyampaian Pesan : melalui lisan, tatap muka, langsung, atau menggunakan media.

- Bentuk Pesan :
1. Informatif : bersifat memberikan keterangan-keterangan, kemudian komunikan mengambil kesimpulan dan keputusan sendiri.
2. Persuasif : berisikan bujukan, membangkitkan pengertian dan kesadaran manusia bahwa apa yang kita sampaikan akan memberikan perubahan sikap.
3. Kohersif : penyampaian pesan yang bersifat memaksa dengan menggunakan sanksi-sanksi apabila tidak dilaksanakan.
- Merumuskan pesan yang mengena : pesan yang disampaikan harus tepat, ibarat kita membidik dan menembak maka peluru yang keluar harus cocok dengan sasaran. Syarat-syaratnya :
1. Umum : berisikan hal-hal yang umum dipahami oleh komunikan.
2. Jelas : pesan haruslah jelas, tidak samar-samar. Jika mengambil perumpamaan hendaklah perumpamaan yang senyata mungkin.
3. Bahasa yang jelas : sejauh mungkin hindarilah menggunakan istilah-istilah yang tidak dipahami oleh khalayak.
4. Positif : secara kodrati manusia selalu tidak ingin mendengar dan melihat hal-hal yang tidak menyenangkan dirinya. Oleh karena itu setiap pesan agar diusahakan dalam bentuk positif.
D. Saluran : media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian :
a. Media Umum : media yang dapat digunakan oleh segala bentuk komunikasi.
b. Media Massa : media yang digunakan untuk komunikasi massal.
E. Komunikasi : tiga jenis komunikasi :
a. Komunikasi Persona : komunikasi yang ditujukan kepada sasaran yang tunggal. Komunikasi persona efektifitasnya paling tinggi karena komunikasinya timbal balik dan terkonsentrasi.
b. Komunikasi Kelompok : komunikasi yang ditujukan kepada kelompok tertentu. Kelompok tertentu adalah suatu kumpulan manusia yang mempunyai antar dan antara hubungan sosial yang nyata dan memperlihatkan struktur yang nyata pula.
c. Komunikasi Massa : komunikasi yang ditujukan kepada massa atau komunikasi yang menggunakan media massa. Massa adalah kumpulan orang-orang yang hubungan antar sosialnya tidak jelas dan tidak mempunyai struktur tertentu.

No comments:

Post a Comment

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...