11/10/09

MANAJEMEN SEBAGAI SUATU PROSES

Dalam Encylopedia of the Social Science dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Menurut James A.F. Stoner (1992, hal7) Manajemen adalah :“Proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya lain untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”.

Haiman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.

George R. Terry mengatakan bahwa manajemen adalah pecapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan orang lain.
Dari definisi-definisi yang dikemukan diatas tampak bahwa ada tiga pokok aspek penting yang terkandung didalamnya, yaitu; pertama, adanya tujuan yang ingin dicapai; kedua’ tujuan dicapai dengan mempergunakan kegiatan-kegiatan orang-orang lain; dan ketiga, kegiatan-kegiata orang lain itu harus dibimbing dan diawasi.




No comments:

Post a Comment

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...