8/4/09

HASIL PENELITIAN TINJAUAN MALPRAKTIK KEDOKTERAN

BAB III

HASIL PENELITIAN

Ada 3 bentuk hubungan antara dokter, pasien dan rumah sakit yaitu :

· Hubungan Dokter dan Pasien

Hubungan antara dokter dan pasien dibagi 2 :

1. Hubungan Vertikal-Paternalistik yaitu hubungan antara dokter sebagai pemberi jasa pelayanan kesehatan yang serba tahu, bersifat father know best, sebagai sang pengobat dengan pasien sebagai penerima jasa pelayanan kesehatan yang tidak tahu, tidak memiliki pengetahuan kedokteran, menerima apa yang dilakukan oleh dokter dalam melaksanakan pelayanan kesehatan.

2. Hubungan Horisontal-Kontraktual yaitu hubungan antara dokter dan pasien sebagai partner, artinya hubungan tersebut sejajar. Dimana hubungan yang saat ini terjadi. Tidak lagi bersifat father know best. Oleh karenanya dokter di dalam memberi pelayanan kesehatan harus benar-benar melaksanakannya dengan baik.

Pada contoh kasus dalam skripsi ini, rumah sakit telah melaksanakan fungsinya dengan baik. Dokter yang menerima pasien di Unit Gawat Darurat memberikan pelayanan yang seharusnya sesuai dengan kewajibannya dan dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur dan standar profesi.




No comments:

Post a Comment

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...