11/10/09

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

Berbagai pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakan pendapat beberapa ahli:
1. Louis A. Allen :Leading, Planning, Organizing, Controlling
2. Prajudi Atmosudirjo :Planning, Organizing, Directing atau Actuanting, Controlling.
3. John Robert Beishline :Planning, Organizing, Commanding, Controlling.
4. Henry fayol :Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
5. Luther Gullich :Planning, Organizing, Staffing, directing, Coordinating, reporting, Budgeting.
6. Koontz dan O’Donnel :Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.
7. William H. Newman :Planning, Organizing, Assembling, Resources, Directing, Controlling.
8. Siagian :Planning, Organizing, Motivating, Controlling.
9. William Spriegel :Planning, Organizing, controlling,
10. George R. Terry :Planning, Organizing, Actuanting, Controlling.
11. LyndakF.Urwick :Forecasting, Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
12. Winardi :Planning,Organizing,Coordinating,Actuanting, Leading, Communication, Controlling.
13. The Liang Gie :Planning, Decision Making, Directing, Coordinating, Controlling, Improving.

Pada hakekatnya bila dikombinasikan pendapat-pendapat diatas, maka fungsi manajemen adalah sebagai berikut:
a) Forcasting
b) Planning termasuk budgeting
c) Organizing
d) Staffing atau assembling
e) Directing atau commanding
f) Leading
g) Coordinating
h) Motivating
i) Controlling
j) reporting


a). Forcasting
kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dilakukan.
b). Planning termasuk budgeting
Penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.
Perumusan perencanaan merupakan penetapan jawabab kepada enam pertanyaan berikut:
1. Tindakan apa yang harus dikerjakan?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan?
4. Kapan tindakan itu dilakasanakan?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan ini?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan ini?
c). Organizing
Penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisasi, serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut. Atu juga dapat dirumuskan sebagai; keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengelompokkan orang-orang serta penetapan tugas, fungsi, wewenang, serta tanggungjawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitas-aktivitas yang berdaya guan dan berhasil guna dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.

d). Staffing atau assembling resource
Istilah tersebut diberikan oleh Luther Gullich, harold Koonz dan Cyril O’Donnel. Sedangkan Assembling resources dikemukan oleh William H. Newman. Kedua istilah itu cenderung mengandung pengertian yang sama.
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunanpersonalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

e). Directing atau commanding
adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas, perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing , agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

f). Leading
Istilah leading merupakan salah satu fungsi manajemen yang dikemukan oleh Louis A. Allen yang dirumuskan sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh manajer yang menyebabkan orang lain bertindak. Pekerjaan leading meliputi lima macam kegiatan;yaitu:
Mengambil keputusan
Mengadakan komunikasi agar saling pengertian antara manajer dan bawahan.
Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampi dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

g). Coordinating
adlah melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan atau menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

h). Motivating
Pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatansecara sukarela sesuai yang dikehendaki oleh atasan.

i). Controlling
adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang digariskan semula.

j). Reporting
adalah penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi, baik secara lisan maupun tertulis sehingga dalam penerimaan laporan dapat memperoleh gambaran bagaimana pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.

No comments:

Post a Comment

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...