9/23/12

Uji Multikolinearitas

Uji multikolinearitas adalah salah satu alat uji asumsi regresi yang bertujuan untuk menguji apakah pada model regresi ditemukan adanya korelasi antar variable independen. Jika terjadi korelasi maka dinamakan terdapat problem multikolinearitas (multiko).
Deteksi adanya multikolinearitas dapat dilihat pada hasil Collinearity Statistics pada table Coefficients. Pada Collinearity Statistics tersebut terdapat nilai Variance Inflation factor (VIF) dan Tolerance. Jika nilai VIF ada sekitar angka 1 dan nilai Tolerance mendekati angka 1, maka tidak terjadi multiko.
Model regresi yang baik seharusnya tidak terjadi korelasi diantara variable independen. Terdapat bermacam cara untuk menghilangkan gejala multikolinearitas dalam suatu model regresi, antara lain dengan menambah data sample atau menghilangkan salah satu atau beberapa variable yang mempunyai nilai korelasi yang tinggi.

2 comments:

  1. Siang, saya Dewi
    Mas bgmn cara menghilangkan multikol tanpa mengurangi data ? bisa di jelaskan tahapan2 penyembuhannya ?

    _Trimakasih_

    ReplyDelete
  2. Untuk meminimumkan masalah multikolinearitas tanpa harusmengeluarkan variable bebas yang terlibat hubungan kolinear, yaitudengan metode Principal Component Analysis (PCA) yang ada dalamanalisis faktor.

    ReplyDelete

PENERAPAN ILMU FORENSIK DALAM HUKUM PIDANA

Terbentuknya keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada hasil pemeriksaan alat-alat bukti yang dikemukakan pada pros...