Search This Blog

Loading...

7/13/09

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. BENTOEL INTERNASIONAL INVESTAMA Tbk

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan kemajuan yang sangat besar pada perkembangan industri khususnya perusahaan-perusahaan yang rnemproduksi rokok. Dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan memanfaatkan teknologi yang dapat memproduksi barang-barang secara cepat, maka produk yang ditawarkan produsen ke konsumen semakin banyak dan bervariasi dengan karakteristik serta keunggulan masing-masing dan para produsen lain yang sejenis. Keadaan ini menyebabkan konsumen dihadapkan dengan berbagai produk yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan kebutuhan produk yang diinginkannya.
Dalam upaya menghasilkan produk yang berkualitas, para produsen harus memahami betul selera para konsumen. Sehingga dapat menarik para konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk yang dihasilkan yang secara langsung mendatangkan profit bagi perusahaan tersebut. Banyaknya perusahaan-perusahaan yang memproduksi rokok baik untuk jenis rokok filter maupun kretek, merupakan factor yang menyebabkan konsumen memiliki banyak pilihan didalam memilih rokok yang cocok ia konsumsi menurut si konsumen. Salah satu produsen rokok di Indonesia adalah PT Bentoel Internasional Investama Tbk yang memproduksi berbagai macam jenis rokok .

Bermunculannya produk-produk baru dan perusahaan-perusahaan pembuat rokok membuat produsen mencari strategi-strategi untuk menang di pasar. Salah satu cara bagi perusahaan tersebut adalah Pengembangan tehnik atau strategi pemasaran produk, maksudnya adalah Mengenal pasti Trend Pengguna, Menetapkan Harga Yang Sesuai , Menjalankan Promosi, Mengadakan Liputan Pengedaran , Mendapatkan maklum balas Pengguna.
Perusahaan harus dapat melihat dan memahami perilaku konsumen terhadap suatu produk sebagai target untuk mencapai keberhasilan dengan cara menetapkan kebijakan-kebijakan yang mampu menarik minat konsumen khususnya dengan Pengembangan tehnik atau strategi pemasaran produk. Dan produsen dapat menyesuaikan produknya dengan keinginan konsumen, sehingga konsumen merasa puas terhadap produk yang ditawarkan.
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas maka penulis tertarik untuk meneliti masalah ini lebih jauh dengan mengambil judul “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. BENTOEL INTERNASIONAL INVESTAMA Tbk.

I.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian diatas maka penulis akan membahas permasalahan pokok penelitian antara lain :
1. Apakah ada pengaruh produk volume penjualan produk rokok pada PT. Bentoel Investama Tbk?
2. Apakah ada pengaruh promosi terhadap volume penjualan produk rokok pada PT. Bentoel Investama Tbk?
3. Apakah ada pengaruh distribusi terhadap volume penjualan produk rokok pada PT. Bentoel Investama Tbk?
4. Apakah ada pengaruh harga terhadap volume penjualan produk rokok pada PT. Bentoel Investama Tbk?

I.3. Pembatasan Masalah
Dengan keterbatasan penulis dalam berbagai hal baik yang berkaitan dengan waktu, tenaga, biaya, referensi, dan kemampuan agar diperoleh hasil yang optimal, maka penelitian ini hanya difokuskan pada peranan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan rokok pada PT. Bentoel Internasional Investama Tbk.

I.4. Perumusan Masalah
Strategi Pemasaran apa yang di lakukan PT. Bentoel Internasional Investama Tbk, dalam meningkatkan volume penjualan ?

I.5. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penilitian yang dilaksanakan dalam penulisan skripsi ini antara lain :
1. Untuk mengetahui strategi pemasaran perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan.
2. Untuk mengetahui tingkat penjualan pada tahun lalu sampai dengan tahun sekarang.

I.6. Kegunaan Penelitian
Dengan dilakukannya penelitian pada PT. Bentoel Internasional Investama Tbk, dapat diperoleh manfaat, yaitu :
I.6.1 Bagi Mahasiswa
Untuk mengimplementasikan antara teori-teori yang selama ini diterima dalam perkuliahan dengan kenyataan langsung dilapangan untuk mempersiapkan dan melatih penulis dalam memasuki dunia usaha.
I.6.2 Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan bagi manajemen PT. Bentoel Internasional Investama Tbk, dalam upaya meningkatkan volume penjualan.
I.6.3 Bagi Pembaca
Sebagai sumbangan pemikiran kepada pembaca dan peneliti lainnya tentang peranan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjuala

I.7. Sistimatika Penulisan
Pembahasan skripsi ini terdiri dari beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut :
Bab I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini membahas tentang Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Batasan Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian dan Sistimatika Penulisan
Bab II : TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini penulis akan menguraikan secara teoritis hal – hal yang menyangkut tentang pengertian umum mengenai pemasaran dan konsep – konsepnya, pengertian promosi dan bentuk – bentuk promosi, pengertian volume penjualan, keadaan pasar rokok di Indonesia, penentuan segmentasi pasar, serta promosi yang dilakukan perusahaan pada umumnya.
Bab III : METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian memuat tentang tempat dan waktu penelitian, teknik pengumpulan data / pengolahan data serta teknik analisis data.
Bab IV : DESKRIPSI, PENYAJIAN DATA DAN ANALISIS HASIL PENELITIAN
Pada bab ini memuat tentang deskripsi obyek penelitian mengenai sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi perusahaan dan penjelasan
Bab V : Penutup
Pada bab ini berisi mengenai kesimpulan dan saran dari hasil penelitian

1 comment:

  1. Artikel Bagus..
    Pada era perubahan sat ini, kesuksesan masa lalu hanyalah sebuah cerita dongeng, untuk mempertahankan kesuksesan itu diperlukan sebuah usaha perjuangan mengantisipasi perubahan. Harus diakui kompetisi saat ini sangat ketat dan kadang tidak dapat diprediksi sebelumnya.
    Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai manajemen strategi perusahaan rokok di era perubahan.
    Klik --> Makalah MANAJEMEN STRATEGI ROKOK BENTOEL

    ReplyDelete